Uncategorized

Kebut-kebutan bareng Byu, Provider Serba digital.

Sabtu sore biasanya waktunya jalan2 santai keliling kota, dan ternyata saya melihat ada giant banner di depan alun-alun kota sukabumi, mempromosikan byu, provider baru di Indonesia. Awalnya saya tidak peduli dgn apa yg tadi dilihat karena di Indonesia itu provider seluler itu sudah banyak sekali, apalagi ini provider baru, males ah dengan segala drama sinyal yg terbatas, koneksi paspasan, kalau pun ada yg kasih males juga pake nya, bgtu yg terlintas di fikiran.

Sampai rumah disela2 pekerjaan lain teringat lah dengan byu, akhirnya googling deh segala macam tentang byu, pertama saya buka adalah web www.byu.id langsung saya cek footer nya disana saya lihat ada nama PT. Telekomunikasi Selular, sebagai seorang keturunan jawa bibit, bebet bobot itu penting yaa gaes, sebelum menentukan mau pakai atau nggak kita harus tau itu.

Kemudian saya masukan “PT. Telekomunikasi Selular” ke kolom pencarian dan tadaaa muncul lah di baris pertama web telkomsel.com dan sebelah kanan artikel dari Wikipedia.

Dari sini saya menyimpulkan bahwa byu ini salah satu produk telkomsel dan merupakan Provider Indonesia, yang mendukung jaringan 2G, 3G, 4g, bahkan 5G (kalau sudah dapat izin dari pemerintah) ok latar belakang byu aman, lahir dari keluarga yg sehat dan juga keluarga besar yg termasyur.

Tampilan kolom pencarian Google

selanjutnya order byu melalui aplikasi Byu, di aplikasi kita bisa memilih sendiri nomer yg di inginkan kemudian pesan dan bayar dengan e-wallet. kurang lebih 2 hari kartu byu sampai kerumah dan langsung registrasi, untuk proses registrasi nya siapkan KTP dan KK di foto melalui aplikasi byu, lebih lengkapnya silahkan klik link berikut https://www.byu.id/id/aktivasi

Pilih sendiri nomer Byu

Sebagai netijen kelas menengah harga itu sensitif sebelum bagus atau tidak, harga jadi pertanyaan kedua, kalau mahal ya sudah lupakan saja.

Dari aplikasi yg saya unduh di playstore (tersedia juga di Appstore) https://play.google.com/store/apps/details?id=com.byu.id byu menyediakan paket quota mulai dari Rp. 4.000 untuk 4Gb akses data yg dapat di pakai satu hari sampai paling mahal Rp. 50.000,- untuk 10Gb yg berlaku untuk 30 hari, klik disini untuk detail cara beli quota .

Tapi ingat ya gaes masa berlaku kartu simcard Byu sangat singkat, jika 30 hari byu tidak aktif maka akan otomatis di nonaktifkan.

untuk lebih jelasnya tentang paket dan cara belinya klik disni aja ya https://www.byu.id/id/beli-paket

Tangkapan layar harga kuota byu di applikasi byu

Kenapa byu bisa lebih murah yaa, hmm mungkin bgini, sebagai netijen wajib sok tau jadi saya akan membuat kesimpulan sendiri entah benar atau nggak mudah2an nanti ada orang byu yg konfirmasi di komentar:

Byu ini ibarat Jasamarga nya era e-toll semuanya cash less dan serba otomatis atau ala Revolusi industri 4.0 , artinya mereka banyak mengurangi peran manusia dan di ganti dengan system dan robot, makanya jangan heran kalau pelanggan byu bakalan tidak di layani Galeri Telkomsel, sebagai gantinya byu menyediakan layanan pelanggan melalui aplikasinya, jika kartu rusak penggantinya akan di kirim melalui kurir langsung kerumah.

Di sisi pemasaran pun byu banyak memotong jalur distribusi, jangan heran kalau kita ga bakalan bisa beli pulsa atau paket data di konter hp pinggir jalan atau di warung2. Sebagai gantinya byu menerima pembayaran menggunakan ewallet seperti LinkAja, Ovo, Gopay, Dana dan Indomaret

Sepertinya pemangkasan ini-itu menjadikan harga layanan byu jadi lebih murah dan bersaing dgn provider lainnya.

Latar belakang OK, harga OK, sekarang kualitas layanan dan jaringan, percuma kan harganya murah tp kualitas layananya murahan.

Tes dilakukan akan lebih ke kecepatan jaringan, akses data dan internet di berbagai kondisi berikut cara pengetesan kecepatan jaringan dengan aplikasi speedtest* yang akan saya lakukan.

  1. Speedtest ke berbagai lokasi server, Indonesia, Singapore, usa, Europa
  2. Speedtest di berbagai situasi, Indoor, outdoor, dan kendaraan bergerak cepat di dalam tol
  3. Tes unduh file 100mb dari berbagai lokasi server, Indonesia, Singapore, usa, eropa.

Tes 1, Speedtest ke berbagai lokasi server di dunia, test di lakukan di halaman rumah (sambil ngopi dan liatin orang lewat depan rumah dan terkadang menyapa beberapa tetangga yg lewat) metode test yaitu menjalankan aplikasi speedtest di android setiap lokasi server dilakukan pengetesan minimal 3x, kemudian di catat dan dihitung berapa kecepatan tertinggi, terendah dan rata-rata. Catatan pengujian adalah dalam satuan Megabit** berikut adalah hasilnya

[elfsight_pdf_embed id=”2″]

dari hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa :

A. Rata-rata speedtest Jakarta adalah 19Mbps dgn kecepatan tertinggi adalah 36Mbps, dan terendah adalah 7 Mbps

B. Rata-rata Speedtest Singapore adalah 26 Mbps, tertinggi 31 Mbps, Terendah 20 Mbps.

C. Rata-rata Speedtest ke kota Miami Florida adalah 16Mbps, Tertinggi 27 Mbps, Terendah 2MBps

D. Rata-rata Speedtest ke Kota Berlin adalah 19 Mbps, Tertinggi 27 Mbps, Terendah 10 Mbps.

Kesimpulan dari pengujian ini adalah, Byu memiliki jaringan yang baik yang terhubung ke berbagai server di seluruh dunia, hasil pengujian hampir merata kesemua lokasi server, ini berbeda dengan isp yang menggunakan Fiber optic yang biasa di pakai sehari2 oleh saya dimana kecepatan paling optimal adalah ketika mengakses server di jkt, dan kecepatan akses server ke benua amerika dan eropa berkurang menjadi 40% saja dari kecepatan test ke server jkt.

Tes 2 Speedtest Random di berbagai situasi, pengujian ini di lakukan ketika saya melakukan perjalanan dari sukabumi menuju Bandara Soekarno Hatta dengan bis damri dari kota sukabumi, kondisi pengujian adalah ketika ketika macet, ketika bis kecepatan tinggi di tol, di area macet, di sekitar bandara. berikut hasilnya :

[elfsight_pdf_embed id=”3″]

speedtest di jalan tol bocimi

Dari hasil tersebut dapat disimpulkan apapun kondisinya byu masih dapat di andalkan, tes dengan kecepatan speedtest di bawah 1 Mbps hanya terjadi dalam beberapa detik saja setelah itu speed kembali ngebut lg, tes ketika itu di lakukan di kecepatan bus di jalan tol.

Tes 3 Unduh File 100 Mb dari berbagai lokasi server tes ini dilakukan menggunakan ponsel android dengan menggunakan aplikasi Free Download Manager, file didapatkan dari berbagai sumber, dari lokasi Jakarta, Amerika, Eropa dan singapura. Tes unduh ini dilakukan untuk melihat kestabilan kecepatan unduh asli yg di alokasikan provider ke pelanggannya, banyak provider yang hanya memberikan kecepatan unduh yang bagus ketika di tes di speedtest.net namun beberapa waktu selanjutnya kecepatannya menurut drastis.

Tes unduh file 50 Mb ini di selesaikan dalam waktu 2 menit dari server dewaweb jkt artinya kecepatan rata2 sekitar 25 Mbps
File 105 Mb ini di unduh dari server Vodafone Inggris dapat di selesaikan byu dalam 4 Menit dengan kecepatan rata2 sekitar 26Mbps
Tes unduh file 105 MB dari server speedtest di singapura dapat di selesaikan dalam 3 menit atau dengan kecepatan rata-rata 35Mbps
Tes unduh file 100Mb ini di ambil dari file milik Hivelocity di Istambul Turki, selesai dalam 3menit adengan kecepatan rata-rata 33Mbps

Nah itu adalah hasil tes unduh file menggunakan aplikasi Free Download Manager, jika ingin membandingkan dengan provider yang anda gunakan silahkan klik link dibawah ini :

Dari hasil test diatas dapat di simpulkan bahwa kecepatan akses internet byu dapat di andalkan dan layak digunakan di berbagai situasi dan kebutuhan. Saya menyarankan menggunakan byu bagi anda yang perlu koneksi internet yg dapat di andalkan dgn harga yg lebih masuk akal. Dan ini ga bakalan cocok bagi anda yg menggunakan internet untuk social media aja yg ga butuh internet cepat, yg biasa beli paket data puluhan gb seharga 50rban dan puas dgn akses internet max 1mbps padahal 4G :p

klik disini untuk memesan Byu ya.

 

Penilaian saya 10-100

  • Koneksi Internet : 90
  • kualitas jaringan : 85
  • Voice : 90
  • Jangkauan : 88
  • Harga : 90
  • Layanan Pelanggan : 80
  • Kemudahan Aplikasi Byu : 90

*speedtest adalah aplikasi untuk melakukan cek kecepatan jaringan internet berupa kecepatan download atau upload. Angka speedtest makin tinggi itu makin baik, jika angka muncul misalnya 10 Mbps artinya kecepatan akses internet anda adalah 10 megabite per detik atau dapat download file sebesar 10 Mb dalam 1 detik.

#anisdanar

Satu Komentar

  • Titik Asa

    Mantaps nih Kang hasil test nya dari berbagai lokasi dan disampaikan dengan tabulasi data.
    Kang Anis, dengan melihat hasil begini, apa akan ganti SIM card dari yang saat ini dipakai ke byU?

    Salam bumiblogger,