Teknik Editing Cutting on Action

Cut
diartikan sebagai perpindahan secara langsung antara shotyang satu ke
shotyang lainnya. Cut ini biasa digunakan untuk menciptakan kesinambungan antar
shot dan membentuk sebuah adegan utuh yang bercerita.
berikut adalah berbagai macam teknik Cutting dalam Video Editing.

CUTING ON ACTION
Adalah teknik pengeditan dimana editor memotong dari satu bidikan ke tampilan lain yang sesuai dengan aksi atau gerakan karakter sehingga membantu menyembunyikan pemotongan

CUT AWAY
Adalah teknik editing yang memasukan gambar lain di satu adegan yang sama dan masih berhubungan dengan action karakter secara singkat lalu kembali lagi ke gambar sebelumnya.

CROSS CUT
Memotong dua adegan berbeda yang terjadi pada saat bersamaan diruang berbeda secara pararel.

JUMP CUT
Adalah satu shot diruang diwaktu tertentu disusun dengan shot lain diruang dan atau waktu yang berbeda. Jenis potongan untuk melompat waktu karena perubahan sudut kamera kurang dari dari 30 derajat. Biasanya digunakan untuk memperhatikan lompatan.

MATCH CUT
Adalah teknik mencocokan pergerakan atau kurang dari dua lingkungan yang berlawanan menjadi harmonis, match cut berarti ada kesinambungan antar shot satu dengan cut shot berikutnya.

SMASH CUT
Adalah teknik yang dipotong secara tidak berurutan dengan tujuan estetika yang bertujuan untuk membuat penonton merasa dikejutkan dan tidak dapat menebak jalur cerita film

INVISIBLE CUT
Adalah pemotongan gambar pada editing yang tidak terlihat menggabungkan dua adegan bersama dengan dua bingkai serupa, tujuannya adalah untuk menyembunyikan transisi dari permisa untuk potongan yang mulus dan hampir tidak terlihat.

L CUT & J CUT
Adalah dengan L cut pentonton akan dibuat mendengar suara shot awal sampai video berikutnya terlebih dahulu, sebaliknya dengan menggunakan J cut pentonton akan dibuat visual cut berikutnya terlebih dahulu, sebelum suaranya masuk mengikuti gambar.

 

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here