Dalam produksi audio visual terkadang kita menomorduakan kualitas audio, yg penting gambarnya bagus maka video akan bagus, ya jika video anda hanya berisi musik yg sudah di rekam dgn baik di sebuah studio rekaman.

nah bagaimana dengan Produksi audio visual yg membutuhkan suara kita sebagai pengisi suara seperti Dubbing Film, Narator pada berita, atau produksi lainnya.

Nah berikut adalah tahapan dalam perekaman suara :

  1. Recording, Pastikan kualitas suara dan rekaman baik, karena jika kualitas suara buruk akan merepotkan di tahap selanjutnya.
    • Posisikan sumber suara dekat dengan microphone.
  2. Setelah direkam, kemudian Kurangi Noise, dengan melakukan proses Noice Reduction
    • Seleksi timeline yg berisi suara noise, yg biasanya berbunyi zzzzzzZhhhh
    • Klik Tab Effect –> Noise Reduction –> Capture Noise Print atau tekan tombol Shift+P, fungsinya untuk merekam suara noice yg mengganggu, sehingga nanti adobe audition dapat menghapus suara tersebut.
    • ulangi lagi Klik Tab Effect –> Noise Reduction Process–> coba berbagai macam konfigurasi untuk mendapatkan hasil terbaik

3. Tambahkan Equalizer, untuk mendapatkan hasil yg maksimal sehingga suara kita tidak terdengar datar. equalizer terletak di Effect –> Filer and EQ –> Graphic Equalizer 20 bands, kemudian sesuaikan equalizer, buatlah percobaan untuk mendapatkan hasil yg baik

Graphic Equalizer 20 Bans

4.Kompres & Normalize, untuk menyeimbangkan suara secara keseluruhan sehingga tidak ada bagian suara yg lebih keras atau lebih pelan. caranya : Effect –> Amplitude Compression –> Single Band Compressor silahkan melakukan percobaan untuk mendapatkan hasil yg sesuai, bisa juga mencoba preset yg tersedia, jika sudah klik apply

Single band kompresor
Salah satu Preset yg tersedia di single band compresor yaitu Voice Over 2

5. Normalize, dalah penerapan jumlah penguatan konstan ke rekaman audio untuk membawa amplitudo ke tingkat target (norma), maka akan di sesuaikan perekaman sinyal tertinggi dan terendah, cara mengaplikasinyannya klik Effect –> amplitude and compression –> Normalize -6db untuk biasanya untuk rekaman suara voice over.

tampilan layar Normalize

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here