#warning #BWKiller eh dah ga ngaruh yaa :p

Perjalanan menuju ciletuh itu seru banyak pemandangan indah di sepanjang jalan, tp ada hal dasar yang harus di perhatikan bagi traveler roda 4 :

  1. driver yg berpengalaman
  2. kendaraan yang sehat
  3. ratio penumpang /barang2 sesuai dengan kemampuan mesin kendaraan.

jika tidak banyak terjadi hal-hal seperti ini :

Tanjakan Dini, Tanjakan dengan kemiringan ekstrem, tanjakan belok trus nanjak lagi total tanjakan ini hampir 1km

Driver kurang berpengalaman dengan medan Ciletuh, ini ketika libur lebaran rame banget yaa :

 

oke cukup warning nya…

Perjalanan malam adalah waktu yang tepat untuk menuju Ciletuh dan Ujung genteng, karena bisa menghemat waktu perjalanan dan juga menghindari waktu kemacetan, kecuali sopir yg jam tidurnya berubah…  jika berangkat pagi dari Jakarta sekitar 10-12 jam maka akan sampai gelap di ujung genteng. tp klo berangkat gelap maka akan sampai pagi…

Destinasi #1

Set GPS Ke “SPBU BAGBAGAN PALABUHAN RATU”

SPBU ini akan menjadi SPBU terakhir yang ditemui di rute yang akan kita lewati jadi buat jaga-jaga isi penuh…  Penumpang di sarankan tidur sampai SPBU ini dan selanjutnya ada baiknya semuanya terjaga karena rute yang akan dilewati merupakan area hutan dan jauh dari perumahan penduduk.

Destinasi #2 perkiraan 24.00

Set GPS to “Puncak Darma”

Jarak dari SPBU Bagbagan ke Puncak darma hanya sekitar 30 km, dengan kondisi jalan baik namun ekstrem, jika siang hari perjalanan akan seru karena banyak spot selfie di sepanjang jalan, juga  pemandangan pantai dan perbukitan yg keren.

di jalan trans loji ini walaupun jalan enak untuk di ajak ngebut tp harus hati2 karena banyak jalan yg menipu seperti seolah2 jalan lurus padahal belok, jd selalu perhatikan rambu nya.

ini perjalanan siang, apalagi malam, sehingga harus extra hati2, jalanan akan melewati hutan dan pegunungan dan minim penerangan juga jauh dari perkampungan penduduk, tp tetap aman dari tindakan kriminal (walaupun tetap harus selalu waspada).

40-60 menit harus nya dah sampai di puncak darma, silahkan istirahat dan kalau bawa tenda silahkan cari lokasi nyaman untuk buka tenda, di puncak darma parkir mobil 5000 kemudian jika ingin masuk ke area puncak darma donasi 3000, banyak juga terdapat warung2 mie rebus dan makanan minumal lainnya.

puncak darma malam hari.
sunrise di puncak darma

#destinasi3 

08.00 Pagi Berangkat ke Leuwi Kenit

Set GPS ke “Leuwi Kenit”

Leuwi Kenit adalah sungai yang menurut para ahli merupakan dasar lautan yang naik ke daratan akibat pergerakan lempeng bumi, sehingga di area aliran sungai ini terdapat banyak fosil bawah laut, di leuwi kenit kita bisa berenang di aliran sungai yg segat, flyingfox hingga wisata geologi dan tentunya foto2.

perkiraan waktu dari Puncak darma sekitar 40 menit, datang dan langsung minta buatkan makan siang, menu nya sederhana biasanya ikan/ayam bakar plus samble dan nasi liweut, atau sekitar 15rb per orang.

Hati-hati ketika loncat, jgn salto kalau tidak ahli, salto kondisi seperti ini bikin wajah si anak bengkak & baret2.

setelah puas makan siang saatnya ke penginapan untuk istirahat. Selesai 13.00

#destinasi4

Pantai Cibuaya Perkiraan sampai 13.30

 

Pantai Cibuaya

Set GPS ke “Pantai Cibuaya” dari leuwi kenit perjalanan sekitar 30 menit. Villa/Pondok Chandra 081563247205 akan berada di sebelah kanan jalanan aspal, sekitar 300m sejak rombongan bertemu dgn pantai, silahkan istirahat sampai jam 3  sore karena terlalu siang main di pantai juga panas.

di pantai cibuaya ini sore biasanya air laut akan surut sampai ketengah, sehingga banyak pemancing memanfaatkan ini dengan mencari ikan sampai ke tengah, hati2 jika ingin mencari ikan yg terjebak di karang pastikan pakai sepatu karena karang laut cukup tajam.

#Destinasi5 

Berangkatt 15.00 dari penginapan di Cibuaya, jarak sekitar 2 Km arah barat.  jika beruntung dapat menyaksikan pelepasan tukik yang sudah cukup dewasa ke laut lepas.

donasi 10rb per orang, bisa berfoto dan menyaksikan proses penangkaran penyu di lahan yang di kelola dinas Kelautan Prov Jawa Barat ini.

#destinasi6

16.00 Pantai Pangumbahan, di pantai ini kita akan di manja dengan luasnya pasir putih dan  juga sunset, sayangnya di pantai ini tidak boleh berenang karena tingginya ombak. tp walaupun demikian keindahan sunset dan pasir putih cukup untuk membuat betah berlama2 di pantai ini. tidak ada tiket masuk, hanya ada parkir 10rb per mobil.

Pantai Pangumbahan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here