Siang itu saya sedang santai dirumah tiba2 di hubungi teman untuk datang ketempat kerjanya, semua file yg dibutuhkan untuk project di luar kota tidak bisa di buka…

dengan males saya pun datang, “paling ke hidden pakai smadav beres gtu aja harus panggil orang dari jauh segala.” demikian kurang lebih fikiran saya..

semua file dirubah jadi extension esewcq

pertama saya buka, saya lihat semua file berubah jadi extensi .esewcq percobaan paling mudah saya rubah namafile.jpg.esewcq menjadi namafile.jpg saja dan tidak bisa terbuka. langkah kedua saya install smadav dan avast karena antivirus ini gratisan dan ternyata komputer itu tdk terinstal satupun antivirus. hadehh..

smadav dan avast nyerah dan hanya bisa scan dan bersihkan virus yg biasa nya ada di warnet dan lab komputer saja.

kemudian saya kembali ke file yg bermasalah, ternyata di setiap folder ada file esewcq-decrypt, seperti ini isinya :

intinya semua file disandra dan untuk membuka nya silahkan buka halaman http://gandcrabmfe6mnef.onion/728327ff14f0cb33 dengan browser khusus deepweb yaitur tor browser.

dan orang “pintar ini” meminta tebusan sebesar Us$ 250 atau sekitar 3.5 jt rupiah dan akan berubah menjadi 2x lipat dalam 7 hari, jahat sekali yaa “orang pintar” jaman sekarang. sebenarnya rekan saya sih ga masalah dengan uang senilai itu karena nilai pekerjaannya melbihi itu,

tenang dulu tarik nafasss dan berfikir tenang bgtu nasehat saya untuk menenangkannya. akhirnya saya mencari jawaban dan browsing sana sini sampai akhirnya menemukan tool buatan bitdefender yg berfungsi untuk melakukan dekripsi dari file2 yg di enkripsi tersebut.

Download Disini 

Bitdefender decryption Gandcrab v1, v4, v5

instalasi di lakukan hati2 dan membaca setiap informasi, karena banyak juga aplikasi sejenis yg ternyata malah adware atau aplikasi yg menyuntikan iklan dan aplikasi dimana2, tp alhamdulillah aplikasi ini bebas dari itu semua, i bitdefender hanya berharap jika terbantu dgn aplikasi ini untuk dapat membeli proteksi selanjutnya senilai 500rb pertahun untuk 5 device.

dan ternyata teman saya cuma bahagia saja file2 nya bisa kembali dan lupa tadi dia mau bayar us$250 dan enggan beli antivirus bitdefender yg cuma 500rban.. “yaa namanya juga manusiaa tak luput dari kufur nikmat gumanku… :p”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here