A new home: helping Indonesia’s neglected people

Tired of seeing how people with mental disabilities are treated in Indonesia, Denny opened a shelter to help those who have been abandoned by society.

“Lelah melihat perlakuan orang dengan gangguan jiwa di Indonesia, Denny membuka penampungan untuk menampung mereka yang di telantarkan oleh masayarakat.”

Begitulah judul yang diberikan zoomin.tv untuk cerita ini, sepanjang proses pengambilan gambar tak henti haru menyelimuti, kadang tak sadar airmatapun menetes, melihat begitu iklash nya pendiri dan pengurus panti ini merawat pada ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) ini, tak terlihat sedikitpun tindakan kasar atau cuma sekedar makian yang terlontar kepada mereka.  karena Kasih sayang lah yang menjadi resep penyembuhkan mereka menurut Deni Solang sang pendiri.

Ketika saya harus melihat proses perawatan luka seorang ODGJ yang sudah tua Lumpuh kotor dan juga bau, seorang perawat profesional yang mendedikasikan untuk membantu panti ini pun terlihat iklash merawatnya dan tanpa bayaran, Tak sedikitpun terlihat jijik dalam proses perawatannya.

Seorang perawat sedang merawat luka dari seorang ODGJ yg tua dan lumpuh

Beruntung bagi saya dapat mengambil momment ini, karena malam hari setelah saya sampai rumah sekitar jam 8 malam saya dapat kabar bahwa odgj ini meninggal dunia dengan tersenyum, sungguh luar biasa, tempat yg setidak nya lebih layak dari pada harus ditemukan di jalanan.

Yang menjadi sorotan saya pribadi adalah peran sang istri dari Denni Solang yaitu Leni Sopendy, bagaimana tidak dia harus merelakan uang bulanan bahkan mobil pribadinya untuk keperluan panti ini, dengan jumlah 60 orang penghuni panti dan Rp. 15.000 / hari  untuk makan minum saja itu membutuhkan 20 jt perbulan belum biaya operasional lainnya..  dalam wawancara yang tidak di publikasikan zoomin tv, Ibu lenny bercerita sebelum ada panti hobinya shoping dan jalan2, sekarang untuk jalan2pun sayang biayanya,  karena makan penghuni panti lebih utama.. bgtu katanya, sungguh luar biasa ya mereka.

Deni Solang bersama Keluarga

 

Panti Welas Asih Pelabuhan Ratu yang sederhana.

untuk donasi dapat menghubungi : https://www.facebook.com/dennysolang67

Sumber video : http://zoomin.tv/video/#!l/eng_uk/latestvideos/809703

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here